Saturday, June 6, 2015

Jenis - Jenis Ukiran Kayu yang ada di pasaran

Ukiran Tebuk Tembus





Berasal dari sekeping papan yang di proses menggunakan gergaji gerudi. Terdapat dua jenis dalam ukiran tebuk tembus yaitu ukiran tebuk tidak silat dan ukiran tebuk silat.

Ukiran tebuk tidak bersilat pada dasar permukaan yang kosong yang di tebuk menjadi lubang. Banyak terdapat pada rumah - rumah yaitu pada bagian dinding, pintu, perabot dan mimbar. Biasanya bentuk bunga ukirnya meliputi awan larat, siling, simetri dan kaligrafi.

Ukiran tebuk silat pembuatannya adalah bagian yang menindih serta melengkung keluar di timbulkan dan bagian yang melengkung ke dalam serta yang tertindih tidak di timbulkan. Biasanya terdapat pada kisi - kisi dan sekatan ruang.




Ukiran Layang




Ukiran Layang dikatakan juga ukiran tidak tembus dan tidak mempunyai corak timbul pada permukaannya, bermotif ringkas dan menggunakan teknik guris di permukaan kayu. Biasanya ukiran ini terdapat pada perabot almari.




Ukiran Kayu Hanyut


Jenis karya seni yang satu ini tergolong baru karena kayu di ukir pada bagian - bagian tertentu saja dan di bentuk menyerupai ikan, burung, kucing dan sebaginya. Bahan kayu di ambil dari akar kayu yang tumbuh di sungai. Biasanya di pasang sebagai hiasan.




Ukiran Larik


Merupakan satu karya seni ukir khas orang Melayu. Ukiran larik biasanya berbentuk bulat dengan susunan gerlang - gerlang dan genting - gentat yang menarik. Ukiran ini sering terdapat pada ulu senjata.perabot, tongkat, gasing, tiang - tiang rumah dan sebagainya.


Ukiran Arca Kayu


Ini Menandakan bahwa arca tidak hanya dibuat dari batu saja, akan tetapi bahan kayupun bisa dibuat model seperti itu. Masing - masing daerah mempunyai ciri khas dalam membuat arca dari kayu ini. Misalnya yang paling menyolok adalah hasil karya seni ukiran dari suku Asmat, Papua, Dayak dan sebagainya.


Ukiran ini banyak terdapat pada ulu senjata seperti keris, kepala tongkat, kukur kelapa, kotak nelayan dan masih banyka lagi. Bunga ukirnya sama seperti ukiran timbuk tetapi lebih halus dan kecil.






D'Micamu                   
We Make With Heart

1 comment:

  1. Assalamualaikum tuan....mohon izin guna sekeping gambar ukiran layang di atas untuk dimasukkan di dalam buku teks pendidikan seni visual terbitan syarikat...harap diberi keizinan...terima kasih tuan

    ReplyDelete